Social Icons

TANDA SALIB : "DALAM" ATAU "DEMI" ATAU "ATAS" ....

Setiap kali umat Katolik membuat tanda salib, selalu sambil berkata entah dalam hati maupun dalam suara dengan bibir "Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin!". Buku Tata Perayaan Ekaristi yang baru masih mencantumkan dalam kurung kata lain yang bisa dipergunakan selain "dalam", yaitu "demi" (Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin!). Beberapa orang masih ada yang menggunakan kata "atas" (Atas nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin!).

Kata "atas" memang terasa kurang pas. Yang lebih pas adalah kata "dalam" atau kata "demi". Kata tersebut diterjemahkan dari Bahasa Latin : In nomine Patris et Filii et Spiritus Sancti, Amen!. Bahasa Inggris menggunakan rumusan : In the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit, Amen!.
Baik kata "in" Bahasa Latin maupun Bahasa Inggris dapat diterjemahkan ke Bahasa Indonesia "dalam". Kata "dalam" tentu saja tidak menunjuk kategori ruang atau tempat seperti halnya bila orang mengatakan "dalam rumah" atau "dalam kota". Kalau kita berdoa dan mengatakan "Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus", itu berarti bahwa kita berdoa seraya menyadari penyertaan Bapa dan Putra dan Roh Kudus dalam hidup kita, dan hidup kita dalam kehadiran Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Artinya, kita mempercayakan seluruh hidup dan doa kita pada penyelenggaraan Allah Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Kuasa dan daya ilahi melingkupi, menyertai dan menaungi kita. Dengan demikian segala sesuatu yang kita lakukan diharapkan selaras dengan kehendak Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Bila digunakan kata "demi", hal itu dimaksudkan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan dan doakan menjadi persembahan bagi Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Dalam arti ini, terjemahan Bahasa Jawa sangat tepat dan pas dengan maksud ini : Konjuk ing asma Dalem Hyang Rama saha Hyang Putra tuwin Hyang Roh Kudus, Amin!. Kata "konjuk" searti dengan kata "katur", yang merupakan jenis krama inggil (tingkatan Bahasa Jawa yang amat halus dan luhur). Kepada yang kita hormati, kita akan mengatakan "Katur : Katur paduka Bapa Uskup (dengan segala hormat untuk Bapa Uskup). Sedangkan kepada Allah, tidak ada kata lain yang tepat selain menggunakan kata "konjuk" (dengan segala hormat kemuliaan), berarti "amat sangat" dihormati dan dimuliakan.

Itulah makna doa tanda salib : Dalam (demi) nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus!